Ads Top

ARTIKEL E-COMMERCE

PENGERTIAN E-COMMERCE

E-commerce adalah suatu pembelian, penjualan, dan pemasaran barang jasa yang dilakukan atau melalui media elektronik. seperti Televisi, radio, dan jaringan internet. perdagangan elektronik ini sudah masuk dalam kategori industri teknologi informasi. karena semua jenis usahanya melibatkan apikasi dan penerapan sistem IT.


MANFAAT E-COMMERCE BAGI PEMILIK USAHA




-Penjualan Global

 Dengan adanya e-commerce memungkinkan sebuah perusahaan atau memilih usaha untuk dapat menjual produk yang mereka buat kepada konsumen yang lebih banyak karena sifat dari web itu sendiri. dengan kata lain, perusahaan dapat mencover pasar yang lebih luas. contoh, perusahaan yang ada di Amerika ataupun Austrlia dapat menjual produknya di Indonesia tanpa harus membuka toko baru di Indonesia.

-Pengurangan harga produk

 Dengan adanya e-commerce, harga barang dapat ditekan semurah mungkin dikarenakan akumulasi dari beberapa manfaat diatas, sehingga konsumen lebih tertarik membeli dan jangkauan juga semakin luas dari beberapa lapisan masyarakat.



MANFAAT E-COMMERCE BAGI KONSUMEN
-Menghemat waktu



Dengan adanya e-commerce, konsumen dapat menghemat waktu mereka dalam belanja dikarenakan tidak perlu lansung ke Tokonya. cukup buka websitenya, cek barang dan kemudian pesan. barang terkirim.

-Pembeli lintas wilayah

Dengan adanya e-commerce, anda mampu membeli barang atau jasa dari luar negara tanpa harus ke luar negeri, asik bukan manfaat e-commerce yang sat ini. contohya saya dapay memean sepatu nike dari USA.


DAMPAK NEGATIF E-COMMERCE

-Kehilangan segi finansial secara lansung karena kecurangan. seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnyaatau dia telah mengganti data finansial yang ada.

-Kehilangan kesempatan bisnis kerena ganguan pelayanan. kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik mati.

-Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbank. setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.


REFERENSI

http://hariannetral.com/2015/05/e-commerce-pengertian-dan-manfaat-e-commerce.html
http://www.patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/
ARTIKEL E-COMMERCE ARTIKEL E-COMMERCE Reviewed by Belajar Teknologi Informasi on 03.12 Rating: 5

Tidak ada komentar

Video of The Day